English Club ABC

Bahasa merupakan alat untuk menyampaikan makna, sehingga bahasa disebut sebagai bola permainan makna, ya, atas dasar itu sebisa mungkin kita harus bisa menguasai berbagai bahasa yang sekiranya bahasa itu merupakan bahasa dari negara penguasa ilmu saat ini untuk dapat merebut ilmu yang berserakkan itu dan menempatkannya menjadi milik sang pencipta. Misalnya saja Bahasa Inggris, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang jika kita ingin berinteraksi dalam lingkup internasional mau tidak mau kita harus bisa berbahasa Inggris.

 

Mungkin itu hanya sekilas tentang latar belakang diadakannya English Club ABC atau juga sering disebut ECA. ECA merupakan salah satu program mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Sudah sekitar satu catur wulan ECA berjalan dan sangat memberikan kesan positif bagi para peserta ECA tersebut. Ada apa saja sih di ECA itu? Dalam ECA yang sudah lebih dari 10 kali dilaksanakan ini terdapat tiga sesi, yaitu sesi warming up, sesi persentasi dan FGD (Focus Group Discussion).

 

Sesi warming up yaitu sesi pemanasan dimana para peserta ECA harus berbicara apapun dengan berbahasa Inggris, biasanya tiap peserta ECA bercerita tentang kegiatannya seminggu ke belakang, ada juga yang bercerita tentang pengalaman berkesannya. Sesuai dengan namanya, sesi pemanasan ini bertujuan untuk pemanasan sebelum beranjak ke sesi-sesi selanjutnya.

 

Selanjutnya sesi persentasi, dalam sesi persentasi salah seorang anggota ECA harus mempersentasikan suatu masalah yang sebelumnya sudah disepakati, tentu saja masalah yang dipersentasikan itu masalah yang up to date. Biasanya ECA diadakan setiap sabtu sore, jadi tema persentasi diberikan sebelum hari sabtu agar para peserta ECA dapat mempersiapkan materi persentasi terlebih dulu, terlepas dari siapa yang akan persentasi pada hari sabtunya. Pada hari sabtunya, setelah sesi warming up, diadakan pengundian untuk menentukan siapa yang akan persentasi. Setelah persentasi selama kurang lebih 10 menit diadakan diskusi tentang materi yang dipersentasikan dengan dimoderatori oleh peserta yang persentasi tadi.

 

Sesi terakhir yaitu sesi FGD (Focus Group Discussion) yaitu sesi diskusi para peserta yang tema diskusinya diberikan di tempat oleh penanggung jawab ECA, biasanya tema FGD ini yaitu masalah yang menimbulkan kontroversi, jadi kita dituntut untuk dapat berpikir cepat dan tepat juga langsung menyampaikannya dalam bahasa Inggris. Dua menit waktu kita untuk berpikir tentang masalah itu selanjutnya kita ungkapkan pemikiran kita itu. Dalam FGD harus ada pembukaan, diskusi, kesimpulan, dan penutup. Dan itu semua harus dari inisiatif kita, siapa cepat dia dapat, siapa yang paling aktif dalam FGD dia yang paling banyak mendapatkan poin, selain aktif juga isi pembicaraan harus berbobot dan nyambung dengan tema yang diberikan.

 

Ya, itu lah sekilas tentang English Club ABC, semoga dapat memberikan gambaran pada para pembaca dan juga memberikan semangat baru untuk terus belajar Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: